Rabu, 28 Oktober 2009

Linux community

KELOMPOK STUDI LINUX (KSL) UIN 
Jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi yang bersifat open source atau lebih gampangnya bisa di katakan pemakaian sistem operasi yang tidak perlu membayar mahal dalam pemakaiannya alias gratis, sistem operasi lebih di kenal dengan LINUX. Sistem operasi Linux muncul dan berkembang seiring dengan pemakaian sisem operasi dari microsoft semakin “gila-gilaan” dalam mengshare produk-produknya dengan biaya mahal meskipun pada kenyataannya banyak sekali personal, instansi pemerintah maupun badan otonom dalam menggunakan vendor microsoft dengan melakukan pembajakan. Linux mencoba menjadi solusi dalam hal ini, pemakaian OS yang gratis menjadi daya tarik sendiri, apalagi membebaskan user untuk mengembangkan OS ini tanpa ada sanksi yang signifikan. Tidak ada bedanya sama sekali saya sendiri dengan orang lain secara umum, siapa sih yang ngga’ tertarik dengan OS yang dalam pemakaiannya gratis tanpa membayar sepeserpun apalagi fitur-fitur yang di sediakan oleh Linux tidak kalah dengan distribusi yang di sediakan microsoft -- dengan windows XP SP3 dan dan windows vista-nya, yang terbaru bahkan windows seven-- mulai dari distro pertama kali Linux muncul sampai distro yang terbaru dengan Mandriva 2009-nya dan Ubuntu seri 8.10. Mungkin dari beberapa hal di atas juga menjadi motivasi saya pribadi yang hanya sebagai user tidak menutup kemungkinan juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan distro-distro Linux dengan mengikuti Kelompok Studi Linux ini, meskipun pada khususnnya saya sendiri kurang familiar dengan Linux, dan bahkan bisa di katakan sangat awam, justru hal ini yang akan menjadi tantangan saya untuk mempelajari Linux lebih jauh.
Memang KSL belum lama di dirikan, tetapi saya sangat yakin KSL cukup punya potensi dan progress untuk melangkah lebih maju di banding kelompok-kelompok studi lainnya, kenapa saya katakan begitu, mungkin yang menjadi alasan pertama saya adalah karena linux membuka kesempatan kepada pengguna-penggunanya sebagai pengembang linux dengan source code yang di sediakan, beda dengan OS bervendor microsoft. Yang kedua, berdirinya KSL tidak di promotori oleh penggede-penggede fakultas alias dosen-dosen yang ada, tetapi bahkan ide-ide cemerlang teman-teman sendiri alias dari mahasiswa yang sangat “bergairah” untuk belajar linux sampai terbentuk kelompok studi ini, meskipun saya yakin dalam prosesnya membutuhkan kerja ekstra dalam mendirikannya.
Mungkin itu ketertarikan saya dalam menggunakan linux yang bisa saya tulis, tetapi tentunya masih banyak lagi yang ngga’ bisa tulis semua dalam portofolio ini, dan mudah-mudahan ini semua dapat membantu saya dalam mencapai tujuan dan cita-cita ke depan, tentunya buat kita semua. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kesediannya mengisi komentar pada tulisan-tolisan yang kami posting.